KBMN HARI KE-19
Hari : Senin, 20 Februari 2023
Tema : Menulis Buku Ajar
Narasumber : Dr. Mudafiatun Isriyah, M.Pd.
Moderator : Mutmainah
"Jika ditanya apa profesi kita?" GURU. Begitu
kata-kata itu kita ucapkan dengan rasa bangga. Sebuah profesi yang mulia. Salah
satu pedoman kita saat di dalam kelas adalah BUKU AJAR. Tapi pernahkah
terbersit dalam diri kita untuk membuat buku ajar sendiri? Buku yang kita
sesuaikan dengan karakter, latar belakang, dan kemampuan siswa kita
masing-masing." (OmJay).
Malam ini kita akan belajar bagaimana Menulis Buku Ajar.
Narasumber kelas menulis
KBMN hari ke-19 adalah Ibu Dr. Mudafiatun Isriyah, M.Pd. Beliau adalah Konselor
dan Penulis juga Asesor BAN PAUD Jawa Timur. Lulus Cum laude Prodi PAUD UNESA
Surabaya dan melanjutkan Studi di Universitas Negeri Malang untuk meraih gelar Doktor
Bimbingan dan Konseling. Merupakan alumni BM 4 asuhannya Omjay. Juga peraih
buku terbaik PERPUSNAS 2021 bersama Prof
Ekoji dalam tantangan menulis selama satu minggu.
Sebagai moderator Ibu
Mutmainah yang mengantarkan acara kelas
menulis ini.
Ibu Narasumber akan
berbagi ilmu kaitannya bagaimana menata materi bahan ajar dengan mudah.
1. Bahan
Ajar VS
Buku Ajar
2. Pentingnya
BA dalam pembelajaran
3. Buku
Ajar dan Buku Hasil Penelitian/Hasil Pemikiran
4. Cara
Penulisan Buku Ajar
5. Prinsip-prinsip Pemilihan Materi Buku AjarBahwa sebagai penulis, yang pertama adalah menguasai penguasaan ilmu, kemampuan berbahasa, dan paling penting adalah punya komitmen.
·
BAGAIMANA BAHAN AJAR VS BUKU AJAR ITU?
1.
Bahan ajar adalah segala bentuk bahan yang
digunakan untuk membantu guru/dosen dan mahasiswa dalam kegiatan
belajar-mengajar. Bahan ajar dapat berupa bahan tertulis atau pun tidak
tertulis.
2.
Bahan ajar adalah seperangkat materi yang
disusun secara sistematis baik tertulis maupun tidak tertulis sehingga dapat
tercipta lingkungan dan suasana yang memungkinkan peserta didik untuk belajar.
3.
Bahan Ajar Cetak
•
Buku Teks,
•Buku Referensi, dan Monograf,
•Bahan
Ajar Mandiri = Modul = BAJJ •Panduan =
Petunjuk = Pedoman, •Atlas = Peta •Diagram = Poster
•Brosur
= Leaflet = Manual
4.
Bahan Ajar non-Cetak • Internet = Web
Based Courses = e-learning • CAI = Pembelajaran Berbantuan Komputer • Slide •
Video / TV • Audio / Radio
Sedangkan Buku Ajar
merupakan salah satu bentuk bahan ajar.
Buku Ajar adalah buku
ilmiah berupa uraian materi pembelajaran yang disusun secara logis dan
sistematis dengan bahasa yang lugas, digunakan dosen dan mahasiswa dalam
pembelajaran (Pannen & Purwanto, 2001.
·
MENGAPA BUKU AJAR PENTING DALAM
PEMBELAJARAN?
1.
Guru lebih banyak waktu untuk memberi
bimbingan kepada siswa/mahasiswa1. Guru lebih banyak waktu untuk memberi
bimbingan kepada siswa/mahasiswa
2.
Siswa dapat belajar sekalipun tidak ada
guru
3.
Siswa dapat belajar kapan dan di mana saja
4.
Siswa tidak terlalu tergantung kepada guru
sebagai satu-satunya sumber informasi
5.
Siswa bisa belajar dengan kecepatan
masing-masing sesuai dengan potensi
Untuk lebih jelasnya
dapat dilihat di sini https://www.kompasiana.com/mudaisriyah
NAh ini sangat penting yg
hrs dipahami, mengapa buku ajar ini wajib diwujudkan oleh seorang guru
Mengacu pada TRILOGI
PEMBELAJARAN
1. ada Tujuan, 2 Srtategi 3. Penilaian
Karena Syarat minimal
terjadinya pembelajaran adalah mahasiswa/siswa – Materi – Guru/Dosen
Beban belajar mahasiswa
untuk 2 sks (SN-DIKTI, 2015): 2 sks = 340 menit. Kebutuhan bahan bacaan?
Seorang guru memiliki
kepentingan untuk memenuhi kebutuhan dalam mengajarnya yaitu dengan menata buku ajar
sendiri sesuai mata pelajaran yang kita ampu.
·
KEUNTUNGAN BUKU AJAR BAGI GURU/DOSEN?
Seorang guru memiliki
kepentingan untuk memenuhi kebutuhan dlm mengajar nya yaitu dg menata buku ajar
sendiri sesuai mata pelajaran yg kita ampu
- 1.
Promosi & Kenaikan
- 2.
Pangkat
- 3.
Mendapatkan insentif
- 4.
Finansial-Royalti
- 5.
Eksistensi diri
- 6.
Media Ekspresi
- 7.
Branding Personal dan Institusi
- 8.
Penguatan Keilmuan; dll.
- 9.
Eksistensi diri
Guru adala sebagai agen Aktivitas Pembelajaran;
CAPAIAN PEMBELAJARAN ?; Guru adalah sbg Peneliti dan Pembelajar; Pengalaman dan
Kurikulum sebagai pegangan kita dlm menulis buku ajar; Guru membuat RPS/Silabus;
Desain pembeljaran sbg langkah awal untuk memulai
Semua mata pelajaran yg
di desain itu sama dg ouline calon buku kita, akan menghasilkan buku ajar, Buku modul dan
diktat
Seorang guru juga sebagai PENELITI? maka akan
menghasilkan buku referensi, monograf, artikel ilmiah, ini bahan untuk menjadi buku
Nah,
berikutnya, membedakan JENIS-JENIS BUKU AJAR
1.
BUKU AJAR, 2. BUKU MODUL, 3. DIKTAT, 4.
PETUNJUK PRAKTIKUM, 5. NASKAH TUTORIAL
2.
Kalo BUKU HASIL PENELITIAN/PEMIKIRAN
3.
Antara lain menghasilkan: 1. BUKU
REFERENSI, 2. MONOGRAF
Berikut
contoh buku Ibu Dr. Mudafiatun Isriyah, M. Pd yg dibuat dan diterbitkan sampai akhirnya mendapatkan penghargaan terbaik
1 perpusnas dg tema Pendidikan Jarak Jauh
Buku
ini hasil penelitian menjadi buku referensi yang disajikan menjadi sebuah buku
yang didalamnya terdapat syarat dengan materi yang dibutuhkan oleh guru BK. Ini
namanya buku bernovelty
·
BUKU AJAR
VS BUKU TEKS?
Buku
Ajar pada umumnya:
1.
Ditulis dan dirancang untuk digunakan siswa/mhs.
2.
Menjelaskan tujuan pembelajaran.
3.
Disusun berdasarkan pola belajar yang fleksibel.
4.
Strukturnya berdasarkan kompetensi yang akan dicapai.
Buku
Teks pada umumnya:
1. Ditulis
terutama untuk digunakan dosen atau pembaca umum, dipasarkan secara luas.
2. Tidak
selalu menjelaskan tujuan pembelajaran.
3. Disusun
secara linier.
4. Strukturnya
berdasarkan logika bidang ilmu (content).
Lanjutan
Buku ajar: Buku Ajar pada umumnya:
1. Ada
pemberian kesempatan latihan bagi mahasiswa.
2. Selalu
memberikan rangkuman.
3. Kepadatan
berdasarkan kebutuhan mahasiswa
4. Dikemas
untuk digunakan dalam pembelajaran.
Lanjutan
buku teks: Buku Teks pada umumnya:
1. Belum
tentu memberikan latihan bagi mahasiswa.
2. Belum
tentu ada rangkuman.
3. Materi
buku teks sangat
4. Dikemas
untuk dijual secara umum.
Lanjutan
buku ajar: Buku Ajar pada umumnya:
1. Mempunyai
mekanisme untuk mengumpulkan umpan balik dari mahasiswa.
2. 10.Mencantumkan petunjuk penggunaan buku ajar.
LAnjutan buku teks: Buku Teks pada umumnya:
9.Tidak
ada mekanisme untuk mengumpulkan umpan balik dari pemakai.
10.Tidak
memberikan petunjuk cara mempelajarinya.
·
CARA PENYUSUNAN BUKU AJAR?
1. PENATAAN
INFORMASI (compilation text)
Guru/Dosen melakukan kompilasi bahan dari
berbagai sumber yang telah beredar di pasaran berdasarkan RPS yang telah
disusun
2. PENGEMASAN
KEMBALI (information repackaging)
Guru/Dosen melakukan pengemasan kembali
dari sumber-sumber yang telah ada disesuaikan dengan kebutuhan kompetensi yang
ingin dicapai dalah RPS
3. MENULIS
SENDIRI (starting from scratch)
Guru/Dosen menulis sendiri berdasarkan
kepakarannya berdasarkan RPS mata kuliah yang diampu
·
PROSEDUR KOMPILASI
Kumpulan seluruh buku, artikel jurnal
ilmiah, dan sumber acuan lain yang digunakan dalam mata pelajaran seperti yang
tercantum dalam daftar pustaka di RPS.
Tentukan bagian-bagian buku, artikel
jurnal ilmiah, dan bagian dari sumber acuan lain yang digunakan per Bahan
Kajian sesuai dengan RPS.
Fotokopi seluruh bagian dari sumber yang
digunakan per Bahan Kajian sesuai dengan RPS.
Pilahlah hasil fotocopy tersebut
berdasarkan urutan Bahan Kajian yang sesuai dengan RPS.
Buatlah/tulislah
halaman penyekat bahan untuk setiap Bahan Kajian/BAB.
1. Bahan-bahan
yang sudah dilengkapi dengan halaman penyekat untuk setiap Bahan Kajian kemudian dijilid rapi
(selanjutnya dicopy untuk dibagi kepada
mahasiswa).
2. Buatlah/tulislah
pedoman guru/dosen dan pedoman siswa/mahasiswa untuk mendampingi bahan yang
sudah dikompilasi tersebut.
PROSEDUR
PENGEMASAN KEMBALI INFORMASI
Informasi
yang sudah ada di pasaran dikumpulkan berdasarkan kebutuhan (RPS + RTM)
Informasi tersebut disusun kembali/ditulis ulang dengan gaya bahasa dan
strategi yang sesuai untuk menjadi buku ajar (digubah), kemudian ditambahkan:
Kemampuan/kompetensi
yang akan dicapai.
Petunjuk
belajar bagi mahasiswa.
Latihan.
Ringkasan.
Umpan
balik.
Evaluasi
formatif.
[PERTIMBANGAN
PENULISAN BUKU AJAR OLEH GURU/DOSEN (MENULIS SENDIRI) ????
[Guru
merupakan pakar dalam bidangnya (menguasai bidang ilmu).
Guru
mempunyai kemampuan menulis.
Guru
memahami kebutuhan mahasiswa dalam bidang ilmu yang dibinanya.
Guru
memiliki kemampuan mendesain pembelajaran
PRINSIP-PRINSIP
PEMILIHAN MATERI BUKU AJAR
1. PRINSIP
RELEVANSI
Materi pembelajaran hendaknya ada
hubungannya dan memberikan kontribusi bagi upaya pencapaian capaian
pembelajaran mata kuliah dan kemampuan akhir. Misalnya, jika kemampuan yang
diharapkan dikuasai mahasiswa berupa menghafal fakta, maka materi pembelajaran
yang diajarkan harus berupa fakta.
2. PRINSIP
KONSISTENSI/KEAJEGAN
Materi pembelajaran harus konsisten dengan
kemampuan akhir yang ingin dicapai, baik dari segi jumlah materi maupun dari
taksonominya. Jika kemampuan akhir yang harus dikuasai mahasiswa empat macam,
maka materi buku ajar yang harus dikembangkan juga harus meliputi empat macam
3. PRINSIP
KECUKUPAN
Materi yang diajarkan hendaknya cukup
memadai dalam membantu mahasiswa menguasai kemampuan akhir yang diharapkan.
Materi tidak boleh terlalu sedikit dan tidak boleh terlalu banyak. Jika terlalu
sedikit akan kurang membantu mencapai capaian pembelajaran mata kuliah dan kemampuan
akhir. Sebaliknya, jika terlalu banyak akan membuang-buang waktu dan tenaga
yang tidak perlu untuk mempelajarinya.
·
SISTEMATIKA BUKU AJAR
Biasanya tergantung dari penerbit juga ya,
tetapi kita sbg seorang guru juga memiliki kesiapan unt menata outline buku
kita sendiri yaitu:
BAB 1 Pendahuluan
Penyajian
Penutup
Daftar Pustaka
Senarai (glossary)
·
Tinjauan Mata Pelajaran : Prakata
֍ Petunjuk Penggunaan Buku Ajar bagi
Mahasiswa
֍ Identitas Mata Kuliah
֍ Deskripsi Singkat Isi Buku Ajar
֍ Kegunaan Mata Kuliah bagi Mahasiswa
֍ Capaian Pembelajaran Mata kuliah
2. BAB I
Kemampuan Akhir
Indikator
Pendahuluan, terdiri dari:
֍ Deskripsi singkat berupa gambaran umum
tentang cakupan bab tersebut.
֍ Relevansi antara bab
tersebut dengan pengalaman yang telah
dimiliki mahasiswa atau manfaat bagi mahasiswa.
Penyajian:
֍
Uraian atau penjelasan materi (sesuai dengan jenis
materi) dan diikuti dengan contoh-contoh.
֍
Ilustrasi yang sesuai dengan uraian materi.
֍
Tugas dan Latihan yang dilakukan mhs setelah
membaca uraian materi.
֍
Rangkuman/ringkasan dari konsep atau prinsip yang
dibahas.
Penutup,
terdiri dari:
֍ Penilaian, konsisten dengan rumusan
indikator dan Kemampuan Akhir.
֍
Umpan balik, untuk dapat menilai sendiri hasil belajarnya (kunci jawaban tes).
֍
Tindak lanjut.
DAFTAR
PUSTAKA
SENARAI,
berupa daftar istilah teknis yang dianggap penting dan perlu dijelaskan.
DAFTAR
INDEX (jika diperlukan).
0 comments:
Posting Komentar