KELAS BELAJAR MENULIS NUSANTARA GELOMBANG 28 (PERTEMUAN KE-5)
RESUME KE-5 KBMN PGRI GELOMBANG KE-28
Hari/tanggal
: Rabu, 18 Januari 2023
Tema
: BLOG sebagai Media Pembelajaran
Narasumber
: Dail Ma'ruf,M.Pd
Moderator
: Purbaniasita KS, S.Pd.
Kegiatan malam
ini KBMN hari ke-5 diawali dengan salam dan sapa dari moderator Ibu
Purbaniasita yang biasa dipanggil Ibu Sita. Sapa pantun yang pas menyambut
hadirnya Narasumber dan peserta yang
luar biasa untuk berbagi dan belajar bersama di ruang tanpa batas dan sekat.
Pagi hari makan kelapa
Rasanya enak bikin tertawa
Kita disini telah berjumpa
Untuk acara yang istimewa
Wanita
jelita menjadi biduan
Bingung
sejenak cari alamat
Selamat
datang tuan dan puan
Semoga
acara ini membawa manfaat
Itulah pantun ibu moderator yang hebat ini.
Selanjutnya beberapa menit kemudian Narasumber
“Bapak Dail Ma’ruf” hadir balik menyapa ibu moderator dan juga kepada peserta
KBMN malam ini dengan penuh keakraban.
Sebelum paparan dari narasumber
dimulai, moderator membacakan acara yang dibagi dalam 4 sesi, yaitu:
1. Pembukaan
2. Pemaparan materi
3. Tanya Jawab
4. Penutup
Setelah dipersilakan oleh moderator kemudian Bapak
Narsum “Bapak Dail Ma’ruf” menyampaikan paparan yang bertema “ BLOG sebagai
Media Pembelajaran”.
1. Apakah Blog itu ?
u Kata
“blog” berasal dari kata weblog yang diperkenalkan pertama kali
pada 1998 oleh Jhon Barger.
u Berger
memberi nama weblog untuk mengkhususkan istilah website yang bersifat pribadi
dan sering diperbarui dari waktu ke waktu.
u Dengan
kata lain, blog adalah website yang bersifat personal, yang memuat opini
personal dan halhal lain untuk mengaktualisasikan diri dan mengabarknnya pada
komunitas global
2.
5 Bloger
Paling Terkenal di Indonesia
u Herman
Yudiono
u Raditya
Dika
u Sugeng
Riyadi
u Carolina
Ratri
u Dani
Rachmat
3.
Jenis-jenis Blog
u Blog
pendidikan, biasanya ditulis oleh pelajar atau guru.
u Blog
sastra, lebih dikenal sebagai litblog (literary blog), berisi masalah yang
berkaitan dengan dunia sastra.
u Blog
pribadi disebut juga buku harian online yang berisikan tentang pengalaman
keseharian seseorang, keluhan, puisi atau syair, gagasan, dan perbincangan
teman.
u Blog
bertopik, yaitu blog yang membahas sesuatu masalah/topik tertentu, dan
fokus pada bahasan tertentu.
u Blog
kesehatan, lebih spesifik tentang kesehatan. Blog kesehatan kebanyakan
berisi tentang keluhan pasien, berita kesehatan terbaru, keterangan-keterangan
tentang kesehatan.
u Blog
politik berisi tentang berita politik, aktivis, dan semua persoalan
berbasis blog (seperti kampanye)
u Blog
perjalanan, fokus pada bahasan cerita perjalanan yang menceritakan
keterangan-keterangan tentang perjalanan.
u Blog
riset, berisi persoalan tentang akademis seperti berita riset terbaru.
u Blog
hukum, berisi persoalan tentang hukum atau urusan hukum; disebut juga
dengan blawgs (Blog Laws)
u Blog
media, berfokus pada bahasan kebohongan atau ketidakkonsistensi media
massa; biasanya hanya untuk koran atau jaringan televisi.
u Blog
agama, membahas masalah yang berkaitan dengan agama. Transformatika, Volume
12 , Nomer 1, Maret 2016 ISSN 0854-8412 124
u Blog
bisnis, digunakan oleh pegawai atau wirausahawan untuk kegiatan promosi
bisnis mereka.
4.
5 Manfaat Blog Bagi Pendidikan
u Blog
sebagai rumah belajar dan berbagi guru Artinya, kreativitas dan kegemaran
guru dapat disalurkan melalui blog, seperi kreativitas dalam menulis, maupun
karya-karya lainnya.
u Blog
dapat meringankan tugas dan beban guru dalam mengajar, Blog akan memudahkan guru karena segalanya
dapat dimasukkan ke dalam blog. Misalnya, materi pelajaran, tugas siswa,
informasi nilai siswa.
u Blog
dapat meningkatkan minat belajar para siswa Transformatika, Volume 12 , Nomer
1, Maret 2016 ISSN 0854-8412 125 menyatakan “ dengan blog, seorang guru dapat
memposting suatu permasalahan atau materi pelajaran yang disusun dalam suatu
bahasa yang formal tetapi lebih santai. Kemudian para siswa bisa blogwalking ke
blog tersebut dan kegiatan belajar mengajar pun bisa menjadi lebih
menyenangkan.
u Blog
dapat diakses oleh siapa pun di belahan dunia. Dengan blog, guru bisa
berbagi materi pelajaran tidak hanya untuk siswanya, tetapi juga setiap orang
orang yang membutuhkan pemikirannya di mana pun mereka berada dengan mudah dan
murah.
u Blog
dapat menjadi media silaturahim. Blog dapat dijadikan sebagai sarana untuk
bertemu secara tidak langsung dan dapat menjalin komunikasi satu sama lain
karena blog dapat diakses oleh siapa pun di seluruh dunia
Pak
Dail menunjukkan best practice pribadinya tentang penggunaan Blog sebagai media
pembelajaran di kelasnya, “Nilai Murid Meningkat karena Media Blog”.
Doktor
Wijaya Kusumah Bloger KBMN
u Membuktikan
bahwa prestasi murid mengalami peningkatan signifikan dengan media Blog
Kolaboratif
u Penerapan
Media Blog dapat diterapkan dalam semua pelajaran
u Dapat
diterapkan dalam Jenjang SD hingga PT
u Meningkatkan
kemampuan menulis siswa
u Meningkatkan
kemampuan literasi siswa
5.
Pemanfaatan Blog sebagi Media Pembelajaran
Menurut Mayor Nani
u Ketika
mengajar, saya gunakan blog untuk mengirimkan tugas-tugas ke siswa dan saya
meminta mereka menjawab di blog mereka dan mengirmkan linknya ke group.
u Saya juga memberi tugas ke siswa lain untuk
berkunjung ke blog teman-temannya minimal dua blog.
u Saya
tidak dapat memaksa mereka untuk visit ke semua blog karena mereka juga
mendapatkan banyak pekerjaan rumah dari guru berbeda.
Bahwa BLOG bisa sebagai rumah belajar bagi guru, media meringankan
beban bagi guru, bisa jadi media
meningkatkan minat belajar murid, bisa berteman dengan semua manusia
6.
Beberapa contoh Blog Sebagai Media Pembelajaran
u https://dailalser.blogspot.com/2021/09/perkembangbikan-generatif-pada-tumbuhan.html
u https://dailalser.blogspot.com/2021/09/mari-belajar-soal-up-ppg-b-ind0-ipa-ips.html
u https://dailalser.blogspot.com/2021/09/blog-sebgai-sarana-pembelajaran.html
7.
Buku- Buku Yang Sudah Terbit karena Nulis di blog
Pak Dail di akhr paparannya, menambahkan
beberapa manfaat dari blog-blog tersebut, yakni:
1. Blog sebagai rumah belajar dan
berbagi guru. Artinya, kreativitas dan
kegemaran guru dapat disalurkan melalui blog, seperi kreativitas dalam menulis,
maupun karya-karya lainnya.
2. Blog dapat meringankan tugas
dan beban guru dalam mengajar, Blog akan memudahkan guru karena segalanya
dapat dimasukkan ke dalam blog. Misalnya, materi pelajaran, tugas siswa,
informasi nilai siswa.
3. Blog dapat meningkatkan minat
belajar para siswa
u Transformatika,
Volume 12 , Nomer 1, Maret 2016 ISSN 0854-8412 125 menyatakan " dengan
blog, seorang guru dapat memposting suatu permasalahan atau materi pelajaran
yang disusun dalam suatu bahasa yang formal tetapi lebih santai. Kemudian para
siswa bisa blogwalking ke blog tersebut dan kegiatan belajar mengajar pun bisa
menjadi lebih menyenangkan.
4. Blog dapat diakses oleh siapa
pun di belahan dunia. Dengan blog, guru bisa berbagi materi pelajaran tidak
hanya untuk siswanya, tetapi juga setiap orang orang yang membutuhkan
pemikirannya di mana pun mereka berada dengan mudah dan murah.
5. Blog dapat menjadi media silaturahim.
Blog dapat dijadikan sebagai sarana untuk bertemu secara tidak langsung dan
dapat menjalin komunikasi satu sama lain karena blog dapat diakses oleh siapa
pun di seluruh dunia
Pada sesi pelatihan kali ini,
kita juga dipandu untuk menelaah pemanfaatan blog sebagai media pembelajaran,
yakni:
Mengirimkan tugas-tugas kepada
siswa dan jawaban dikirim ke blog yang sama. Setelah itu siswa mengirmkan
linknya ke group
Memberi tugas ke siswa lain untuk
berkunjung ke blog teman-temannya minimal dua blog.
Sebagai penutup, Pak Dail
berpesan agar setiap guru dapat memanfaatkan blog sebagai media pembelajaran
yang bermanfaat agar menjadi rumah belajar dan sarana berbagi ilmu antar
guru.
Pak Dail juga membagikan link
yang bisa dibuka dan dipelajari oleh peserta KBMN sebagai rujukan dan
inspirasinya.
https://dailalser.blogspot.com/2021/09/perkembangbikan-generatif-pada-tumbuhan.html
https://nani2teacher1navy.wordpress.com/2021/09/18/blog-sebagai-sarana-pembelajaran-2/
Salam Literasi!!
Banjarnegara, 18 Januari 2023
Mantap
BalasHapus